Strict Standards: Non-static method FeedWordPress::needs_upgrade() should not be called statically in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-content/plugins/feedwordpress/feedwordpress.php on line 113

Strict Standards: Non-static method FeedWordPress::stale() should not be called statically in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-content/plugins/feedwordpress/feedwordpress.php on line 179

Strict Standards: Non-static method FeedWordPress::update_requested() should not be called statically in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-content/plugins/feedwordpress/feedwordpress.php on line 184
Tech @ Sufehmi.com » 2006 » March

Archive for March, 2006

Geocoding for Google Maps

Monday, March 27th, 2006

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-includes/functions-formatting.php on line 83

Google Maps is a nifty tool from Google, where with its API, you can provide mapping / GIS (Geospatial Information System) related services to your customers.

However, there’s one minor problem - it only accepts the location in latitude/longitude format. (according to Google Maps API docs which I accessed today).
So you can’t, for example, specify “Jakarta” as the input.

As always, there are free services all over the web to overcome this problem, called “geocoding”.
Unfortunately, most of them only works for certain places - not the whole world.

Thankfully, I managed to find out about a service called LocalSearchMaps.com. The author is able to provide this service by accessing multiple geocoding services; therefore able to cover almost the whole world. Very convenient.

The output is a JavaScript statement, ready to be fed to Google Maps. Try it here: http://www.localsearchmaps.com/geo/?city=jakarta&country=id

The details on how to fully utilise this service can be found on Emad Fanous’ blog entry, titled Geocoding tool for Virtual Earth and Google Maps.

This would be a great help to a project that I’m working on. Thanks goes to Emad, and everyone involved.

There’s no limit to human stupidity

Sunday, March 26th, 2006

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-includes/functions-formatting.php on line 83

OMG - [ each city council needs at least a geek ]

An IT manager in a small town in USA found his webserver showing CentOS’ default webpage.
But instead of fixing his server - instead he accused CentOS developers for hacking his website, and threatened to report it to FBI.

Too bad he didn’t report it to the FBI :P

Arrogant retards like these makes life difficult for IT experts - also notice that at the end, he still tried to blame CentOS. OMG.
Bullyboy.

HowtoForge.com

Sunday, March 26th, 2006

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-includes/functions-formatting.php on line 83

WOW … this is the BEST Linux how-to website I ever found. The tutorials skipped the theories, and goes straight to the action.
This is THE way to learn things in the shortest of time.

[ Go to HowtoForge.com - now ]

Welcome to Kilasan.com

Sunday, March 19th, 2006

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-includes/functions-formatting.php on line 83

Akhirnya sebuah situs yang dikerjakan bersama dengan seorang kawan telah selesai dan berjalan. Setelah promosi kecil-kecilan di beberapa media, alhamdulillah kini traffic kilasan.com terus menanjak naik.

Secara teknis, Kilasan.com adalah sebuah situs berita Web 2.0 .
Secara umum, Kilasan.com adalah situs berita, dimana Anda bisa menjadi “wartawan” / “wartawati”; dan sekaligus menjadi redaktur - dengan cara mem voting (”toss!”) berita-berita yang menurut Anda layak tampil.

Alur situs ini cukup sederhana:

1. Ketika Anda memposting berita, maka berita tersebut tidak langsung muncul di halaman depan.; melainkan masuk ke dalam antrian terlebih dahulu.

2. Di dalam antrian, Anda bisa mem-voting berita-berita yang bagus dengan cara klik di link “+toss” di sebelah kanan berita ybs. Anda bisa langsung melihat naiknya posisi berita tersebut karena mendapatkan toss dari Anda.

3. Berita yang banyak mendapatkan toss maka otomatis akan dipindahkan dari antrian, dan muncul ke halaman depan.

Terimakasih untuk Digg atas idenya yang simple, tapi brillian ini.

Dengan adanya kilasan.com, mudah-mudahan kita bisa mendapatkan berita-berita yang lebih relevan, terbaru, dan bermanfaat. Tentu saja semua ini hanya akan bisa terwujud karena Anda semua :) karena itu silahkan sebarkan kabar ini kepada semua orang yang Anda kenal. Sehingga situs untuk kita semua ini bisa terus berkembang.

Server kilasan.com terkoneksi dengan baik ke IIX (dan telah di-tweak secukupnya), sehingga seharusnya halaman kilasan.com sangat cepat muncul ketika diakses dari browser Anda. Ini adalah salah satu prioritas saya. Jika ternyata tidak, silahkan kabarkan saya dengan menyertakan informasi secukupnya, maka saya akan segera mem-follow up nya.
Atau jika Anda ada komentar, saran, kritik, feature request - monggo. Kami akan sangat berterimakasih untuk itu semua.

Back to work… getting kilasan.com to version 1.0 / non-Beta :)

Sekolah Swadaya - bagian II

Friday, March 17th, 2006

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-includes/functions-formatting.php on line 83

Sewaktu ada bahasan mengenai homeschooling di milis mifta-perjuangan@yahoogroups.com, saya ikut memberikan link ke posting saya mengenai sekolah swadaya

Di luar dugaan, tiba-tiba muncul beberapa aktifis yang telah terlebih dahulu menjalankan kegiatan ini / sekolah swadaya.

Jadi menarik sekali… karena kalau ini bisa lebih dimasyarakatkan (sekolah swadaya), maka masyarakat jadi bisa mendapatkan pendidikan yang murah dan terjangkau biayanya.

Sedang diusahakan agar bisa bertemu antara para aktifis dan peminat, waktu dan tempat akan saya posting di bagian komentar.

Berikut ini adalah posting selengkapnya mengenai kasus sekolah terbuka yang sudah berjalan.


Assalamualaikum warahmatullah…..

Ramai-ramai bicara ttg sekolah swadaya terutama dari blognya mas Harry saya hanya ingin sekedar berbagi cerita. Saya pun saat ini aktif di LSM Bina
Insan Prestasi yang saat ini baru mampu membiayai biaya pendidikan beberapa anak-anak dari keluarga dhuafa yang kurang mampu.

Ada cerita dari sahabat saya akh Deny yang tinggal di Bekasi yang bergelut
di bidang pendidikan bagi yang tidak mampu. Dulu sempat ada yang namanya SMP Terbuka, namun karena dalam pelaksanaannya yang kurang amanah (korupsi, data fiktif, etc.) sekarang sudah diambil alih dan alhamdulillah sekarang sudah bagus karena pengelola dan relawan yang ada di dalamnya amanah dan punya concern yang kuat terhadap pendidikan.

Jadi kita bisa saja membuat TKB (tempat kegiatan belajar) dengan jumlah
murid tertentu lalu jadi pengalaman sahabat saya tesebut pengajarnya adalah
dari para pengurus DPC suatu partai dakwah, karena memang yang menggagas
adalah para simpatisan dan kader partai tersebut. Lalu dibuat jadwal
kegiatan belajar, misal senin - sabtu, jam berapa saja, disesuaikan dengan
murid-murid yang rata-rata sudah nyambi kerja seperti menjual koran, tukang bantu cuci, etc. Lalu TKB kita kita daftarkan ke Yayasan Sekolah Rakyat (www.sekolahrakyat.org) yang mengurus SMP Terbuka.

Untuk modul belajar akan dibantu dan disiapkan. Pengalaman sahabat saya
tersebut, ada tambahan pelajaran yang diberikan kepada mereka seperti
outbound dan kajian keislaman. TKB bisa berada dimana saja, rumah pengurus yang bisa, masjid, atau dimana saja. Yang pasti untuk masalah ijazah
tersebut menurutnya kita menginduk kepada sebuah SMP Negeri di daerah dimana TKB itu ada. Dari Sekolah Rakyat juga ada sedikit tunjangan buat para
pengajar per TKB.

Alhamdulillah dari cerita sahabat saya tersebut mereka sudah sampai pada 3
angkatan. Dan respon dari tetangga sekitar malah banyak yang lebih simpatik.
Dari dulu yang meragukan kemampuan sekolah semacam ini, malah sekarang
beberapa orangtua dan murid banyak yang mau anaknya didika seperti di TKB
tersebut. Ada yang bilang, “wah kalo sekolah di sana, anak saya bisa lebih
sholeh dech,” atau ada anak yang bilang,”enak belajarnya ada outboundnya,”

Mungkin itu saja sekedar share yang bagi yang tertarik untuk membuka TKB dan ingin melihat model langsung bisa kontak ke saya untuk HP akh Deny -nya.

Wassalamualaikum

Cece YS

MoReCo - Alarm mobil yang paling canggih ?

Friday, March 10th, 2006

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-includes/functions-formatting.php on line 83

Bikinan anggota geng BemoNet :-) pak Abimanyu. Menarik banget, kayak di film saja.


On 3/9/06, Abimanyu P.K. Wachjoewidajat wrote:

Monitor, Protect and Control Your Car with Your Phone!!!

eh eh.. keren deh nih… ….. eh eh.. keren deh nih… ;)
gue udah pasang di mobil. sejauh ini gue asik2 aja dan malahan temen2 gue skarang suka pada bengong kok gue telepon2an ama mobil bukan ama orang.. hahahhaa… udah seperti di filem James Bond .. hahahaha

Harga Alarmnya 3 jt termasuk pasang. Tapi dengan solusinya yang manteb gini dan apalagi kalo mengingat mobil ente harganya puluhan atau ratusan juga maka angka segitu nggak ada artinya kan?. Jangankan mobil mahal, mobil gue yang harganya cuman 20jt aja juga gue pasangin alarm ini dan alarm yang lama malah nggak gw pake lagi. Coba aja dibanding dengan Clifford yang seharga 4jt tapi nggak bisa bicara wah alarm ini jadi kerasa jauh lebih murah tapi fiturnya lebih luengkeep ..

Abi

—–Original Message—–
From: Johan Noviwan
Sent: Monday, February 20, 2006 4:51 PM
To: Abimanyu W
Subject: Fw: MoReCo - Membuat mobil anda benar-benar bicara

“Saya tertawa ketika mereka bilang kalau saya dapat menelpon mobil saya. Saya semakin tertawa keras pada saat mereka bilang kalau mobil saya diganggu maka mobil itu memberikan peringatan kepada si pengganggu dengan kata2 (bukan sekedar sirene) dan mobil akan segera menelpon saya untuk mengutarakan gangguan tersebut, saya pikir apa benar sudah ada teknologi secanggih itu di Indonesia ….”

Kita pasti masih ingat film seri terkenal di TV, suatu fiksi dimana mobil dapat berbicara dengan pemiliknya, bisa menolak pengemudi yang tidak berhak, bisa ngobrol dengan pengemudi, bisa secara otomatis menelepon kita, menerima telepon kita dan bahkan mobil menurut kalau kita instruksikan (via telepon) untuk mematikan mesin !!. Itu semua akan anda anggap mimpi belaka sampai anda melihat solusi yang ditawarkan MoReCo dan memang BENAR BENAR TELAH ADA DI INDONESIA.

MoReCo adalah paket Mobile Remote Control dari Inovassi (perusahaan yang telah bertahun-tahun bergerak dibidang solusi berbasis selular).

Dengan menggunakan MoReCo, anda dapat mengamankan, memonitor, menjaga dan mengendalikan mobil anda setiap saat dan dimanapun anda berada tanpa mengenal batas jarak dan membuat hubungan anda dengan mobil kesayangan anda semakin dekat dengan dikendalikan menggunakan telepon atau handphone anda. Anda tidak perlu khawatir dengan apa yang akan terjadi dengan mobil kesayangan. Anda pasti akan merasa lebih aman dan nyaman.

Manfaat yang anda dapatkan :

# Alarm akan menelpon anda jika terjadi sesuatu pada mobil anda
Anda akan menerima telepon dari alarm dalam waktu kurang dari 25 detik.

# Kunci tertinggal di dalam mobil dalam kondisi pintu terkunci?
Jangan khawatir, anda bisa membuka pintu mobil anda dengan menggunakan telepon atau handphone anda.

# Mobil anda dicuri?
Jangan khawatir, anda bisa mematikan mesin mobil anda melalui telepon dan handphone anda.
Dan juga dapat mecari letak lokasi mobil anda dengan menggunakan jaringan GSM (khusus SIMCARD XL).

# Battery Mobil (Aki) atau Alarm diputus pencuri?
MoReCo akan menggunakan battery backup dan menelpon anda untuk memperingatkan bahwa accu mobil telah dicabut.

# Bagaimana bila anda ditodong atau dibajak di jalan yang tidak memungkinkan anda mencari pertolongan?
Anda cukup menekan tombol panik yang ada pada remote alarm. MoReCo akan otomatis menghubungi nomor panggil emergency misal Polisi atau teman dekat anda atau keluarga anda untuk mengambil tindakan.

# Mudah digunakan dan dioperasikan dengan sistem menu suara
Melakukan panggilan ke alarm dari telepon apa saja (Telepon rumah, Handphone ataupun Telepon Umum) dan anda akan dipandu dengan menu suara untuk melakukan beberapa pilihan tindakan.

# Melakukan panggilan ke alarm dari telepon apa saja dan mendengar suara yang ada didalam mobil
Fitur tsb ini bisa digunakan untuk memonitor pembicaraan si Pencuri mobil. Atau dalam keadaan biasa untuk sekedar mendengarkan pembicaraan didalam kabin (bila mobil dipakai keluarga) atau mobil sewaan.

# Melakukan panggilan ke alarm dari telepon apa saja dan berbicara dengan orang yang didalam dan diluar mobil anda melalui speaker.

Q: Bagaimana bila mobil anda sudah terpasang alarm?

A: Tidak ada masalah sejauh kedua alarm tersebut tidak saling terganggu.

Q: MoReCo dapat dipasang di mobil apa saja?

A: Dapat dipasang disemua merk dan jenis mobil seperti : Toyota, Honda, Suzuki, Nissan, Mercedez Benz, BMW, Peugeot, KIA, Hyundai, dan lain-lain

Q: Mungkin ada produk sejenis ini lalu apa kelebihan MoReCo ?

A: Dengan fitur ini bila mobil diganggu dan anda tidak sempat menjawab telepon dari mobil anda maka MoReCo dapat pula mengirim SMS ke banyak orang (yang sudah anda tentukan, misal ponsel keluarga, ponsel polisi, ponsel supir dll). Layanan semacam ini bisa anda peroleh dengan pilihan solusi yang bervariasi dengan harga yang terjangkau.

Garansi 1 tahun

PADA ALARM BIASA UMUMNYA BILA MOBIL DIGANGGU MAKA ALARM HANYA DAPAT BERBUNYI,
NAMUN BILA SAAT ITU TIDAK ADA ORANG DISEKITAR MOBIL ATAU ORANG SEKITAR TIDAK BERANI AMBIL TINDAKAN PERTOLONGAN / PENGAMANAN TERHADAP MOBIL ANDA MAKA MOBIL BERPOTENSI UNTUK DIBAWA KABUR PENCURI. DENGAN MoReCo ANDA BISA MENGUPAYAKAN AGAR MOBIL TIDAK DIBAWA KABUR TETAPI ANDA TETAP AMAN (TIDAK MENJADI SASARAN EMOSI SI PENCURI YANG NEKAT) KARENA ANDA BISA DARI JAUH (DARI LOKASI YANG AMAN) DALAM MENGAMBIL ALIH KENDALI TERHADAP MOBIL

ANDA BAHKAN BISA MELAKUKANNYA DARI LUAR NEGERI SEKALIPUN

Spammer Indonesia (part #1)

Friday, March 10th, 2006

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-includes/functions-formatting.php on line 83

Spamming kini semakin menjamur saja di Indonesia, cukup menyebalkan.
Setelah berkali-kali menerima email sampah di mailbox saya, maka akhirnya saya putuskan bahwa saya akan “membantu” mereka untuk diketahui oleh massa — diketahui keburukannya maksud saya :-)

Ini dia yang pertama, Seminar Ethos21 *tepuk tangan*

From: “Info Seminar” [info -seminar@cbn.net.id]
To: “Harry Sufehmi”
Subject: Training : Ethos21 - Delapan Etos Kerja Profesional

Bapak Harry Sufehmi Yth.

Berikut kami informasikan salah satu Training Institut Darma Mahardika :

Ethos21 - Delapan Etos Kerja Profesional

Date :
Wednesday, until Thursday
08:00 - 17:00

Seminar/Conference Description :
Studi sosiologi dan manajemen telah menunjukkan bahwa pada tingkat fundamental, keberhasilan perusahaan ditentukan oleh etos kerja warganya yang tampil dalam bentuk perilaku dan budaya kerja mereka yang khas. Ethos21 merupakan seperangkat etos kerja atau perilaku kerja positif yang lahir dari keyakinan dan komitmen total terhadap paradigma kerja tertentu.

Speaker :
Jansen H. Sinamo

Seorang pakar pengembangan SDM yang kini memimpin Institut Darma Mahardika. Sebagai profesional, sarjana fisika lulusan ITB Bandung ini terus mengembangkan dirinya melalui berbagai program pembelajaran di dalam maupun di luar negeri.
Ia juga peminat serius karya-karya filsafat, teologi, kosmologi, psikologi, sosiologi, sejarah dan futurologi.

Debian links

Friday, March 3rd, 2006

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-includes/functions-formatting.php on line 83

I’ve been trying to setup a local repository here in my test rig.
I’ve got the whole files from Debian sarge DVDs, and now trying to update it.

Here’s a few links that I found useful :

1. Straightforward guide on how to setup a Debian repo (and also other hands-on guides). From Indonesian Debconf II, well done.

2. The most complete list of Debian repositories all over the world. May not be the most accurate though - a few of the Indonesian mirrors are inaccessible.

Also it lists Debian rsync servers all over the world, which is very useful to keep your local repository up to date. I usually execute rsync -avvuzP ftp3.nrc.ca::debian /mnt/repo/ to update mine.

3. Still got a few Woody boxes lying around ? Upgrade them now to Debian sarge.

Siapa bilang Indonesia sudah merdeka ?

Friday, March 3rd, 2006

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/hsufehmi/tech.sufehmi.com/wp-includes/functions-formatting.php on line 83

Untuk para orang tua: hati-hati, jaga anak-anak Anda dengan waspada.

Untuk para korban: semoga pemerintah negara ini (sebagai pengayom rakyatnya) mau untuk segera berbuat sesuatu.
:(


Jika Indonesia sudah merdeka, lalu kenapa PERBUDAKAN masih ada? Tim Investigasi Trans TV menemukan praktik jual beli manusia. Diperdagangkan layaknya binatang dan benda mati ! Yang membuat kami kaget, korban adalah perempuan dibawah umur.

Saat penelusuran kami lakukan, budak-budak ini tidak dipaksa kerja kasar seperti jaman dulu. tapi dipaksa menjadi budak seks! Sungguh miris, kami menemukan perempuan dibawah umur–maaf–bahkan belum memiliki payudara, sudah disodorkan tubuhnya kepada si hidung belang. “Tolong…kami dijual layaknya binatang”…begitu kira-kira jeritan hati para perempuan muda ini.

Budak perempuan ini bukannya tidak melawan. Mereka sudah sekuat tenaga mencoba melarikan diri dari rumah milik germo yang jadi majikannya. Apa daya…ada mafia berada dibelakang praktik jual beli perempuan (women traficking! ) ini. Mafia yang melibatkan aparat penegak hukum.

Budak-budak ini dipukuli, dan diancam penjara oleh polisi yang sudah merasakan nikmatnya uang haram dari germo-germo sialan !

Bahkan, ketika tim kami berusaha membantu membebaskan seorang gadis berusia 13 tahun yang akan dijual keperawanannya, TIM kami diseret layaknya binatang, dan dipukuli oleh bodyguard alias preman yang setia kepada para germo. SADIS ! Sayang, waktu itu kami tidak berhasil mengambil gambar kekerasan ini.

Tapi kami sempat merekam adegan kejar-mengejar antara setan-setan germo dan perempuan muda yang melarikan diri. berhasilkah perempuan muda ini meraih kembali kemerdekaannya yang sempat hilang?

*Bagaimana seluk beluk jual beli perempuan berkedok Mini Bar atau pub-pub ini?*
*SIMAK: *

*”Women Traficking episode 1,2,dan 3″*
*Hari: Jumat, Sabtu, dan Minggu (3,4,5 maret 2006)*
*Pukul 17.00 WIB*
*Hanya di Reportase Investigasi Trans TV*